5 Jenis Minyak Zaitun Yang Wajib Diketahui

 5 Jenis Minyak Zaitun Yang Wajib Diketahui  - Minyak zaitun (olive oil) sangat kaya dengan kandungan antioksidan dan lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan. Minyak ini berasal dari kawasan Mediterania kemudian menyebar ke seluruh dunia. Minyak zaitun sering digunakan untuk menghidangkan makanan yang sehat. Minyak ini dianggap lebih sehat dibandingkan dengan jenis minyak lainnya.



Minyak zaitun sering juga dipakai dalam pola diet ala mediterania. Diet mediterania adalah sejenis diet yang lazim dilakukan para penderita penyakit jantung dan hipertensi.   

Jenis-jenis minyak zaitun

Berdasarkan kandungan serta fungsinya, maka minyak zaitun dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Nah, apa saja jenis-jenis minyak zaitun itu ? Sebuah laman di Cure Joy menjelaskannya untuk kita. Yuk, kita simak bersama.

#1. Extra virgin olive oil 

Yang pertama adalah apa yang disebut dengan extra virgin olive oil. Minyak zaitun jenis ini berasal dari perasan pertama sari buah zaitun, sehingga kandungan polifenolnya sangat tinggi. Extra virgin olive oil merupakan jenis minyak zaitun yang paling sehat karena tidak melewati proses pengolahan yang terlalu banyak.

Salah satu ciri minyak zaitun extra virgin adalah cita rasa yang pahit dan sedikit pedas, seperti merica. Rasa pahit tersebut menunjukkan tingginya kandungan oleuropein yang berfungsi menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Semakin pahit rasanya, semakin baik pula kualitas dari jenis minyak zaitun tersebut.

Selain baik digunakan sebagai campuran salad, minyak zaitun extra virgin juga dapat dimanfaatkan untuk menumis, menggoreng dalam suhu rendah, atau merebus makanan.

#2. Virgin olive oil

Jenis minyak zaitun yang satu ini juga juga tidak melewati proses penyaringan yang panjang. Rasa dari buah zaitun yang dimiliki oleh minyak jenis virgin lebih ringan dibandingkan dengan jenis extra virgin. Selain itu, tingkat keasamannya juga lebih tinggi, yakni sebesar 2 persen, dengan kalori dan titik didih yang juga lebih tinggi daripada minyak zaitun extra virgin.

Jenis minyak zaitun virgin biasanya digunakan untuk menggoreng makanan yang berlemak rendah.

#3. Refined olive oil

Minyak zaitun jenis refined sesungguhnya adalah minyak zaitun jenis virgin yang melewati proses filterisasi atau penyaringan. Minyak jenis refined memang dikhususkan untuk memasak makanan, sehingga rasa dari buah zaitunnya sangat tipis dan tidak terasa.

Proses penyaringan refined olive oil cukup panjang, sehingga sedikit banyak mengurangi kandungan antioksidan di dalamnya. Karena kandungan antioksidan-nya lebih sedikit, minyak zaitun dengan tipe refined punya daya tahan lebih lama. Biasanya, minyak zaitun jenis refined diberi tambahan vitamin E, dan bisa digunakan untuk memasak secara deep-fry.

#4. Pure olive oil

Secara harfiah, kata-kata ‘pure’ atau ‘classic’ sering membuat kita terkecoh dan berfikir bila jenis minyak pure olive merupakan perasan murni dari buah zaitun. Namun kenyataannya, minyak zaitun yang diberi label dengan kata ‘pure’ atau ‘classic’ merupakan campuran dari refined olive oil dan virgin olive oil.

‘Pure’ sendiri menerangkan bahwa minyak zaitun tersebut hanya dicampur dengan ’saudaranya’, bukan jenis minyak lainnya. Rasa, aroma, dan tingkat antioksidannya tergantung pada kandungan di dalam minyak zaitun jenis virgin.

Jenis pure olive oil ini dapat digunakan untuk menggoreng makanan secara deep-fry dan untuk mengasap daging.

#5. Lite/light olive oil

Label ‘light’ pada jenis minyak zaitun ini berkaitan dengan ketajaman rasa dalam minyak, dan bukan pada jumlah kalori yang dikandungnya. Minyak zaitun dengan tipe light telah melewati tahap filterisasi yang lebih banyak untuk menghilangkan warna, aroma, dan rasanya.

Proses pengolahan tersebut memungkinkan minyak zaitun light untuk digunakan saat memasak menggunakan metode deep-fry atau memanggang makanan karena tidak memiliki cita rasa yang kuat.

Itulah 5 jenis minyak zaitun yang sering digunakan untuk mengolah atau menghidangkan makanan. Jangan sampai salah pilih ya …!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Jenis Minyak Zaitun Yang Wajib Diketahui "

Posting Komentar