Alibaba Mengalahkan Raksasa eBay di Cina . Alibaba.com adalahsebuah layanan e-commerce yang berfokus pada B2B e-commerce untuk menghubungkan berbagai jenis usaha kecil dan menengah. Sehingga, usaha mereka dapat berkembang hingga dapat dilirik hingga ke luar Cina.
Alibaba.com sendiri didirikan oleh seorang guru bahasa Inggris bernama Jack
Ma pada tahun 1999 saat era dot-com bubble terjadi. Beberapa
tahun kemudian, perusahaan tersebut mampu mengalahkan invasi eBay di Cina yang
notabene adalah perusahaan raksasa e-commerce dari Amerika
Serikat.
Latar Belakang Jack Ma
Jack Ma merupakan seorang guru bahasa Inggris yang kemudian bertransformasi
menjadi seorang CEO dari sebuah perusahaan e-commerce terkemuka,
yaitu Alibaba Group. Sebelum itu, ia juga sempat menjadi seorang penerjemah
buku.
Jack Ma memulai usahanya di tahun 1995 dengan hanya bermodalkan sebuah
ruang apartemen kumuh dan 17 orang karyawan. Di sana, ia mulai membangun
bisnisnya dengan membuat sebuah portal direktori bernama Chinapages.com yang
berisikan informasi tentang berbagai perusahaan layaknya Yellow Pages. Lalu, di
tahun 1999, ia mulai mendirikan Alibaba.com yang disusul dengan Taobao.com di
tahun 2003. Taobao.com adalah sebuah C2C e-commerce di Cina.
The Strategy
Saat eBay datang di Cina dengan mengakuisisi Eachnet.com selaku pesaing
ketat dari Alibaba.com di tahun 2002, Jack Ma tidak gentar. Ia bahkan
menganggap ini adalah sebuah tantangan baru dalam bisnis. Jack Ma punya sebuah
ungkapan. Yaitu:
“eBay may be a shark in the ocean, but I am a crocodile
in the Yangtze River. If we fight in the ocean, we lose—but if we fight in the
river, we win.”
Jack Ma menganggap eBay tidak mengerti kebiasaan konsumen di Cina yang pada
saat itu tidak siap dengan konsep bisnis yang dimiliki eBay. Yaitu, dengan membebankan fee terhadap member.
Saat Alibaba.com mulai menghasilkan keuntungan dalam bisnis B2B-nya, Jack
Ma berpikiran untuk mendirikan sebuah e-commerce platform baru
bernama Taobao.com. Platform ini berfokus pada C2C market di
tahun 2003 untuk mengalahkan eBay di Cina.
Jack Ma memberikan fasilitas yang ada di Taobao.com sepenuhnya secara
gratis selama tiga tahun. Hal ini jelas dapat membuat Taobao.com merangkul
konsumen lebih banyak dan dapat mengalahkan eBay.
Ketika eBay mulai kesulitan untuk mendominasi pasar e-commerce di
Cina, Jack Ma membuat sebuah gebrakan dahsyat yang memaksa eBay untuk segera
menutup layanan mereka di Cina. Yaitu, memberikan tambahan layanan gratis
selama tiga tahun hingga total enam tahun pada Taobao.com di tahun 2005.
eBay memberi tanggapan akan hal ini dengan mengatakan “Free is not a
Business Model” (19 Oktober 2005. red). Namun, awal tahun 2006, eBay
berubah pikiran dengan memutuskan untuk mengikuti Taobao.com dengan ikut
meniadakan fee terhadap member mereka di Cina.
Tapi, terlambat bagi ebay. Sehingga akhirnya eBay tak mampu lagi menyaingi
Taobao.com di Cina.
Taobao dengan cepat melakukan penambahan fitur dan mempercantik tampilan.
Selain itu, mereka meningkatkan rasa ketertarikan terhadap pengguna internet di
Cina. Taobao menambahkan pula fasilitas online chatting yang
dapat menghubungkan penjual dan pembeli. Mereka juga mengimplimentasikan
fasilitas pembayaran online yang disebut Alipay. Tampilan pun
dibuat lebih feminim untuk menarik konsumen dari kalangan wanita.
Di tahun 2008, Taobao terus mendominasi market share Cina
hingga 86%. Namun, eBay hanya 7%.
Belum ada tanggapan untuk " Alibaba Mengalahkan Raksasa eBay di Cina"
Posting Komentar