Penentuan harga produk sangat dipengaruhi oleh seberapa besar profit
margin yang ingin didapatkan. Lisa Suttora, seorang founder dan CEO
dari WhatDoISell.com, mengatakan banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam
menentukan profit margin dari sebuah produk.
Banyak online seller yang menetapkan profit margin yang
sama untuk setiap produk agar keuntungan yang ia dapatkan juga besar.
Sebetulnya, keputusan seperti ini salah kaprah. Menurut Lisa, tidak semua
produk bisa disamaratakan profit margin-nya. Kunci sukses dalam
menentukan profit margin menurutnya adalah dengan menetapkan
harga yang bervariasi. Mulai dari yang paling rendah, hingga yang paling mahal.
Cost of goods sold (COGS) juga menjadi bahan pertimbangan dalam
menentukan harga produk. COGS adalah keseluruhan biaya yang dikeluarkan ketika
menjual sebuah produk. Jadi, yang dihitung dalam profit margin bukan
hanya biaya pembelian dari supplier saja. Yang termasuk ke
dalam COGS adalah:
1. Biaya pembelian
Biaya ini meliputi berapa harga yang harus dibayarkan
untuk mendapatkan sebuah produk dari supplier, berapa biaya
pengiriman barang dari tempat supplier ke tempat seller,
serta biaya pemeliharaan barang (jika ada).
2. Fee
Fee adalah biaya-biaya yang
harus dikeluarkan untuk mengembangkan sebuah bisnis. Misalnya, biaya
untuk maintenance website, biaya hosting, hingga biaya
promosi.
3. Cost to deliver
Biaya ini biasanya tak banyak diperhatikan oleh
penjual. Tapi, sebenarnya ini berpengaruh terhadap profit margin.
Yang termasuk cost to deliver adalah biaya yang dibutuhkan
untuk melakukan pengiriman barang atau shipping. Misalnya, harga
dus atau kotak, harga plastik, serta biaya jasa pengiriman, seperti FedEx, JNE,
atau TIKI. Jika menggunakan kurir sendiri, biaya transport dan gaji si kurir
juga termasuk dalam cost to deliver.
Dalam menentukan harga produk, penjual juga sebaiknya
mempertimbangkan supply dan demand yang
terjadi. Ia harus bisa melihat ‘musim’ dari setiap produknya, Menurut Lisa,
saat permintaan banyak dan barangnya sedang langka (supply-nya sedikit),
penjual bisa menaikkan harga secara tinggi.
Belum ada tanggapan untuk "Tips Menghitung Profit Margin"
Posting Komentar